become a TEACHER (awal2 jadi guru)

hai... ini adalah tulisanku beberapa tahun lalu waktu aku magang jadi guru SMP (now i've undergone a lot of experiences in teaching).. funny experience to keep in mind.. love it! so, here it is...

sudah lama ya aku ndak ngepost blog..cuz i’ve lots of things to do!!so many things =)
aku pengen cerita banyak..selama 1bln terakhir ini kegiatan utamaku adalah MENJADI GURU SMP..can u imagine that??seorang iqmy menjadi guru SMP..but there i was..teaching in classes is absolutely fun..
hari pertama tentunya aku nervous beradzz..meskipun baru MOS tapi aku tetep diminta datang cuz sapa tau tenagaku dibutuhkan dan bener ajah ada salah satu guru koordinator gugus yang ndak masuk so jadilah aku sbg wakil koordinator gugus dadakan. selama 3 hari MOS aku sempet nyampaikan materi ttg Tata Krama, well pelajaran klasik bangedz yach pi namanya jugah kewajiban..setelah MOS berakhir,,aku dpt uang saku sebagai pemateri MOS..nilainya c ndak seberapa tapi yang penting kan pengalamannya dan bonus2 laennya
pas MOS da kelar,,mulai lah pelajaran seperti biasanya..aku kebagian ngajar English kelas 7A,7B,7C,7D,7E dan 7F..tapi ‘resminya’ q ngajar di kelas 7F
kesan pertama :"duh ternyata ngajar anak2 pedesaan tu jauh lebih sulit daripada ngajar anak2 kota" why??????
karena:
1. anak2 desa kurang max dapat pelajaran English pas di elementary skul so alhasil aku harus ngajarin dari basic lagih -> pasangan S + to be..
2. pola pikir anak2 desa jauh beda ma anak2 kota..mereka hobinya ‘kotekan’, nyanyi2 lagu2 yang ‘aneh’ dan masih nganggep English itu pelajaran aneh kaleeee. thus, aku sempet mikir kalo mereka tu norak gituh..but at last i can try to understand their ways of thinking!! meskipun berat banget awalnya..gimana ngga’ berat,,pas qta lagih serius2nya ngajar eee anak2 cowok pada ‘kotekan’ ngga’ penting!!
selama kau ngajar,aku jugah pernah marah2..normal lah cuz anak2nya kalo ngga’ dimarah2in tuh malah nglamak..mskpn aku slalu minta maap kalo hbz marah2 =P
aku c udah berusaha sabar jugah tapi aku malah dpt kritikan dr murid2 cewek supaya aku sedikit ‘jahat’ sm anak2 cowok biar mereka tuh ngga’ ngeremehin akuh..it works a bit ^.^
well,in short,selama ngajar mereka pastinya banyak bgt kenangan2 yg ku dapat..mulai dr dpt miscall di tengah2 ngajar n yg misscall tuh ya muridku di kelas yg sdg ku ajar ituh..pfiuh..tyuz betapa senengnya mereka waktu aku ngadain games n yang menang dpt hadiah..makanya rata2 komen mereka pas di kertas "pesan & kesan" tuh gini bunyinya:
"bu iqmy tuh ngajarnya da enak habis dikasih hadiah & jarang marah2..orangnya cantik lagi!" ->ni beneran komen dr anak2 lho!
"aku senang bgt diajar bu iqmy soalnya bu iqmy cantik, kalau senyum jadi makin cantik + manizz. ibu iqmy juga sering ngasih permen gratisan."
"bu iqmy kalau ngajar enak, ramah, orangnya cantik jadi bikin nggak bosen dech belajarnya" -> maap kalau komen dr anak2q terkesan narsis but ini beneran komen dr mereka ljo ^.^v
pokokna……aku seneng banget udah bisa dikasih kesempatan bantu2 ngajar..meskipun cuman 1bulan..TAPI aku dpt bnyk bonus2 laen slaen pengalaman
1. aku dipercaya jadi pembina lomba story telling se-kab
2. aku juda dipercaya jadi pembina extrakurikuler "conversation" yang mana mengharuskanku untuk pulang tiap minggu cuz jadwalna tiap hari sabtu..berat tapi fun!!
3. pak kepseknya minta aku untuk ngelesin privat anaknya daaaaaannnn guru2 yang laen pun pd latah minta tlg jugah..
doakan aku sanggup yaaaccchhh cuz semester ni rencananya mikirin skripsi!!
segitu dulu dech…aku lagi di MLG niy pi cuman bentar cuz masih banyak yg haruz ku lakukan di rumah

1 komentar:

Dodik Nurdiyanto 19 Maret 2009 pukul 09.37  

Aku ikut kursus private juga dong.....

Posting Komentar